Breaking

Friday, July 17, 2020

7 Tips Tidur Siang Efektif dan Anti-bablas


7 Tips Tidur Siang Efektif dan Anti-bablas
KlikQQ - Tidur, termasuk tidur siang (napping) sebaiknya tidak lagi dilihat sebagai sesuatu yang sepele. Sebab tidur merupakan istirahat yang berpengaruh mengembalikan energi dan menjaga daya tahan tubuh.

Sementara khusus untuk tidur siang, meski hanya sekejap, praktik ini terbukti memiliki sejumlah manfaat. Melansir dari laman Sleep Foundation, tidur siang bisa mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan performa, dan mengurangi kesalahan plus kecelakaan.

Bahkan sebuah studi di NASA terhadap pilot militer dan astronot menemukan tidur siang selama 40 menit mampu meningkatkan performa sebesar 34 persen dan 100 persen kewaspadaan. Untuk memperoleh sederet manfaat ini, Anda perlu memaksimalkan tidur siang Anda.

Berikut tips agar tidur siang dan tidak kebablasan.

1. Hindari tidur siang jika insomnia

Tidur siang baik dilakukan terlebih Anda kurang tidur di malam sebelumnya. Namun buat mereka yang mengalami insomnia (masalah tidur antara sulit tidur atau tetap tidur atau keduanya), tidur siang malah berisiko membuat Anda makin susah tidur saat malam.

"Jika Anda mengalami insomnia, Anda tidak akan jadi tukang tidur siang karena ada data yang menunjukkan bahwa terakhir Anda tidur akan berpengaruh langsung pada berapa lama Anda bakal tertidur," kata sleep expert Michael Breus mengutip dari Huffington Post.

2. Cukup 30 menit

Breus mengatakan, tidur siang pendek seharusnya berlangsung 25-30 menit. Mengapa sangat singkat? Ini agar Anda terhindar dari deep sleep dan terbangun dalam kondisi lelah.

Dia melanjutkan, tidur siang 30 menit penting untuk orang yang lelah seharian dan tidak memperoleh cukup tidur malam sebelumnya.

"Jika Anda tidur siang lebih lama dari 30 menit, Anda bakal masuk ke deep sleep. Pernah tidur siang dan merasa lebih buruk saat terbangun? Itulah yang terjadi, Anda tidur kelamaan dan masuk ke tahap tidur yang sulit buat keluar,"ujar dia.

3. Jajal siklus tidur siang penuh

Jika 30 menit jadi durasi tidur siang pendek, Anda pun bisa mencoba tidur siang penuh selama 90 menit. Strategi ini bakal membawa tubuh pada rapid eye movement (REM) sleep yang merupakan tahap tidur di mana Anda bisa memperbaiki tidur yang kacau dan meningkatkan kreativitas.

Breus berkata rata-rata siklus tidur orang selama 90 menit. Anda bisa memilih antara 25-30 menit atau 90 menit jika Anda memiliki waktu.

4. Caffeine nap

Ingin bangun dengan segar dan kewaspadaan tinggi? Breus menyarankan untuk mengambil caffeine nap. Seperti namanya, sebelum tidur Anda sebaiknya minum secangkir kopi kemudian tidur siang selama 20 menit.

Kafein bakal menunjukkan kekuatannya setelah Anda bangun.

5. Jalan kaki

Rasa lemas setelah makan siang sebaiknya tidak diikuti dengan rebahan. Breus menyarankan untuk jalan kaki sekitar 15 menit. Ini sangat berguna terlebih jika Anda stres atau lelah akibat jadwal yang padat.

Jalan kaki di luar ruangan bakal jadi pembangkit energi.

"Jika Anda biasanya merasa lelah antara pukul 1 dan 3 siang, yang mana kebanyakan orang juga demikian, itu tidak selalu berarti Anda butuh tidur siang. Itu bisa berarti Anda perlu sinar matahari.

Temperatur inti tubuh turun saat siang dan ini memberikan sinyal ke otak untuk memproduksi melatonin sehingga, terpapar sinar matahari bisa menghambat produksi melatonin," jelas Breus lagi.

6. Sebelum pukul 4 sore

Rasa lelah akibat kurang tidur bisa dikurangi dengan tidur siang. Biasanya Anda bakal tidur antara siang hingga pukul 4 sore yang mana cocok dengan jam biologis tubuh.

Anda bisa mengupayakan tidur siang tepat waktu dengan memasang penutup mata, penutup telinga dan alarm agar tidur siang tidak bablas.

7. 10 menit? Tidak masalah

Waktu sependek apapun bisa Anda manfaatkan buat tidur siang. Breus mengatakan, ada tidur siang super pendek sekitar lima hingga 10 menit. "Kita melihat nilai dari jenis tidur siang ini," kata dia.

Sebuah studi pada 2022 menemukan tidur sekejap selama 10 menit bisa menghasilkan kewaspadaan setelah malamnya kurang tidur.

No comments:

Post a Comment