Breaking

Sunday, June 28, 2020

Penularan Corona di Tulungagung Makin Cepat


Penularan Corona di Tulungagung Makin Cepat

KlikQQ - Penularan virus corona SARS-CoV-2 dari orang ke orang di Kabupaten Tulungagung makin cepat.

Pola penularan secara "propagated" membuat penularan terus menyebar dari orang ke orang dari kelompok tertular pertama. Sehingga, membuat potensi penyebaran virus jauh lebih cepat dari yang diperkirakan secara teori epidemologi.

"Sebagian besar kelompok ini adalah OTG yang tidak memiliki tanda berupa gejala yang pasti sehingga sulit untuk diidentifikasi, Dan apabila pola ini terus berlangsung, dikhawatirkan akan memicu kasus secara sporadis," jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung, Galih Nusantoro di Tulungagung, Sabtu (27/6).

Sebagai upaya pencegahan, Galih menyebut pihaknya mengoptimalkan metode karantina dan isolasi. Prosedur isolasi pun diperketat bagi kelompok rentan dan berisiko demi mengantisipasi ledakan kasus virus corona.

"Tracing atau penelusuran kasus terhadap riwayat perjalanan pasien terkonfirmasi positif tentunya harus diperkuat terutama bagi kelompok kontak erat primer hingga sekunder," katanya.

Prosedur pemeriksaan dan tes usap untuk penentuan pasien sembuh dari infeksi SARS-Cov-2 memang kini lebih dipermudah oleh WHO (Badan Kesehatan Dunia) dengan hanya satu kali tes usap hasil negatif. Tidak harus melalui prosedur dua kali tes usap tenggorokan dengan hasil negatif.

Pasien OTG (orang tanpa gejala) boleh pulang lebih awal dengan modal satu kali tes usap negatif. Namun mereka tidak diperbolehkan langsung beraktivitas biasa, apalagi sampai keluar rumah.

"Prosedurnya pasien sembuh boleh pulang begitu hasil swab negatif. Tapi mereka harus melanjutkan karantina dengan isolasi mandiri di rumah selama 21 hari. Ini demi mengantisipasi sisa virus dalam tubuh pasien," ujarnya.

No comments:

Post a Comment