Breaking

Sunday, July 12, 2020

Alasan Tokopedia, Shopee, hingga Spotify Bermasalah di iPhone


Alasan Tokopedia, Shopee, hingga Spotify Bermasalah di iPhone

KlikQQFacebook mengaku masalah yang terjadi pada berbagai aplikasi di iOS iPhone terkait dengan SDK layanan itu yang terhubung dengan aplikasi-aplikasi tersebut.

SDK adalah software development kit yang biasa digunakan oleh satu aplikasi untuk terhubung dengan layanan aplikasi lain.

Dalam kaitan dengan kasus Facebook, SDK digunakan untuk memudahkan login pengguna. Jadi, pengguna Spotify, Tokopedia, atau Shopee tinggal menggunakan akun Facebook mereka untuk masuk ke aplikasi-aplikasi itu.

Masalah ini ternyata bukan kali pertama terjadi. Kesulitan login ke berbagai aplikasi ini sudah terjadi kedua kali bulan ini. Facebook pun mengumumkan masalah itu di platform pengembang software mereka.

"Kami sadar dan menginvestigasi peningkatan kerusakan pada SDK iOS yang menyebabkan masalah (crash) pada sejumlah aplikasi," jelas perusahaan itu.

Dalam tulisan di GitHub, sejumlah pengembang aplikasi melaporkan kalau aplikasi mereka mengalami masalah. Mereka menyalahkan Facebook atas masalah tersebut.

SDK Facebook memang jamak digunakan pada aplikasi yang ada di ekosistem iOS, seperti disebutkan 9to5Mac.

Para pengembang gusar, lantaran ini bukan kali pertama SDK dari raksasa media sosial itu melumpuhkan banyak aplikasi seperti saat ini.

Sebelumya, masalah serupa sempat terjadi pada 6 Mei. Seorang pengembang aplikasi, Guilherme Rambo, menyebut akar masalah ini bermula dari Facebook.

Menurutnya, Facebook mendorong pengembang untuk mengintegrasikan login aplikasi mereka dengan layanan itu. Para pengembang diiming-imingi bakal diberi bocoran soal penggunaan aplikasi oleh pengguna dan menjanjikan penghasilan dari iklan.

"Facebook memaksa pengembang untuk memasang SDK mereka. Sebab, mereka ingin mengumpulkan data yang sangat banyak dari semua pengguna aplikasi itu," jelas Rambo dalam wawancara dengan The Verge Mei lalu.

Dengan integrasi ini, maka ketika layanan Facebook bermasalah maka akan berpengaruh pada sejumlah aplikasi lain yang menggunakan SDK itu. Facebook belum berkomentar terkait masalah ini.

No comments:

Post a Comment