Breaking

Sunday, July 26, 2020

Badai Hanna Menerjang dan Sebabkan Longsor di Texas


Badai Hanna Menerjang dan Sebabkan Longsor di Texas

KlikQQBadai Hanna menerjang pesisir Teluk Texas pada Sabtu (25/7) waktu Amerika Serikat di tengah ancaman lonjakan kasus Covid-19.

AP menyebut, badai Hanna bukan hanya membawa angin kencang dan hujan deras, tetapi juga menyebabkan sejumlah longsor dan potensi terjadi tornado.

Longsor pertama terjadi pada Sabtu pukul 5 sore di Port Mansfield sepanjang 15 kilometer. Kemudian longsor kedua terjadi di sebelah timur wilayah Kenedy.

Badai Atlantik pertama pada 2020 tersebut terjadi dalam Kategori 1 dan tercatat menghempas daratan Texas dengan kecepatan angin maksimum mencapai 145 kilometer per jam.
 
Pada Sabtu malam, kecepatan melemah menjadi 137 kilometer per jam.

AP menyebut banyak tempat di Texas, termasuk di daerah yang terhempas badai Hanna, menghadapi penambahan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Namun pejabat setempat mengatakan mereka telah mempersiapkan diri menghadapi kedatangan badai ini.

Meteorologis Chris Birchifield dan Badan Meteorologi Nasional setempat mengatakan masyarakat tetap perlu waspada.

Birchifield mengatakan, meski angin diperkirakan melemah selama Sabtu malam, namun ancaman nyata badai itu masih ada berupa hujan deras.

"Kita bahkan belum dekat ke titik puncak. Kami masih memperkirakan [akan ada] banjir parah," kata Birchifield.

Prakiraan cuaca menyebut Hanna bisa membawa curah hujan 15-30 sentimeter selama Sabtu malam, ditambah gelombang ombak pesisir yang membahayakan nyawa.

Sejumlah wilayah di Texas telah melaporkan menerima curah hujan sampai 23 sentimeter, termasuk di Cameron County yang berbatasan langsung dengan Meksiko. Total curah hujan diperkirakan meningkat sepanjang malam hingga Minggu waktu setempat.

"[hujan] Sudah seharian," kata Melissa Elizardi, juru bicara Hakim Eddie Trevino selaku pejabat wilayah Cameron County.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump mengatakan melalui Twitter bahwa pemerintahannya memantau badai Hanna, bersamaan dengan Badai Douglas yang bersiap menerjang Hawaii.

Badai Douglas, badai terkuat di planet Bumi saat ini, sedang mendekati Hawaii tetapi diperkirakan akan melemah sebelum mencapai kepulauan tersebut pada akhir pekan ini.

No comments:

Post a Comment