Breaking

Wednesday, July 22, 2020

2 Orang di Singapura Diserang Ubur-ubur Kotak hingga Kejang

2 Orang di Singapura Diserang Ubur-ubur Kotak hingga Kejang

KlikQQ - Dua orang dilaporkan terluka akibat diserang oleh ubur-ubur kotak di perairan Singapura.

Satu korban berusia empat tahun tersengat di pantai Palawan di Sentosa dan satu korban lainnya, warga Australia Jade Dyson tersengat saat berenang di East Coast Park pada Maret.

Beruntungnya, kedua korban selamat dari sengatan yang berpotensi fatal tersebut. Ubur-ubur kotak dianggap sebagai hewan laut paling berbisa.

"Rasa sakitnya sungguh luar biasa. Saya tidak dapat menggambarkannya," kata Dyson, wanita 28 tahun yang bekerja di Singapura selama lima tahun.

Dia mengaku segera mengangkat kepalanya dan keluar dari air ketika merasakan sakit di lengan dan kaki kirinya, lalu dia melihat tentakel menempel pada tubuhnya.

"Saya hampir tidak bisa berjalan dan sisi kiri tubuh saya kejang dan bergetar. Otot-otot saya terangkat, punggung bagian bawah saya terasa sakit sekali. Seluruh tubuh saya lumpuh," ujarnya.

Ketika pembengkakan mereda, Dyson melihat bekas bengkak akibat sengatan telah berubah menjadi warna ungu melintang di seluruh anggota tubuhnya.

Dia membenamkan diri dalam air panas selama beberapa jam untuk meringankan rasa sakit dan pergi ke Thomson Medical Center keesokan harinya.

Di sana, ia diberikan steroid dan antibiotik. Butuh sekitar tiga hingga empat pekan agar rasa sakitnya benar-benar hilang.

Dilansir dari The Strait Times, Selasa (21/7) kelompok Konservasi Marine Stewards mengutus penasihat publik pada 18 Juli untuk memperingatkan orang agar tidak berenang di Sentosa, Pulau Lazarus, dan Pulau St John selama dua pekan setelah kemunculan ubur-ubur.

Pihak Marine Stewards mengatakan hewan itu terlihat di East Coast Park pada Maret dan empat ubur-ubur lainnya terlihat pada bulan ini di One Degree 15 Marina di Pulau Sentosa, Pulau Tuas dan Pulau Lazarus. Kemunculan ubur-ubur terbaru terjadi pada Jumat lalu di pantai Palawan di Sentosa.

No comments:

Post a Comment