Breaking

Wednesday, July 22, 2020

Gojek Angkat CTO Baru, Mantan Petinggi Amazon dan Microsoft


Gojek Angkat CTO Baru, Mantan Petinggi Amazon dan Microsoft

KlikQQGojek angkat Chief Technology Officer (CTO) Group baru Severan Rault yang sebelumnya bekerja sebagai pengembang perangkat lunak di Amazon hingga Microsoft.

Sebagai pemimpin bagian teknologi, Rault bertanggung jawab untuk keseluruhan teknologi ekosistem Gojek. Mulai dari layanan transportasi dan pembayaran hingga layanan pengantaran makanan, logistik dan sejumlah layanan lain. Rault juga akan mengelola tim pengembang Gojek di Asia Tenggara dan India.

"Saat ini merupakan waktu yang menarik bagi Gojek karena perusahaan tengah memasuki fase penting peralihan dari startup ke perusahaan yang lebih matang," tuturnya seperti dikutip dari keterangan resmi Gojek.

"Tantangan-tantangan teknis terkait hal tersebut sangat menarik, mulai dari isu pengembangan yang dibutuhkan oleh solusi cloud tercanggih, hingga pengaplikasian mendalam teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence)."

Severan berpengalaman lebih dari 20 tahun di dunia engineering. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Software Development di Amazon, di mana Severan ikut memimpin tim yang menciptakan Amazon Prime Air yang merupakan layanan antar Amazon menggunakan pesawat nirawak (drone).

Sebelum di Amazon, Severan menjabat beberapa posisi manajemen di Microsoft, antara lain sebagai Principal Architect di Bing, mesin penelusuran web (web search engine) milik Microsoft, serta Principal Development Manager untuk Microsoft OneApp.

OneApp adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan telepon seluler yang tidak memiliki kapabilitas penuh untuk berfungsi sebagai ponsel pintar (feature phones) untuk dapat mengoperasikan aplikasi. Jenis ponsel seperti ini banyak ditemukan pada negara-negara berkembang.

Rault juga sempat membuat perusahaan sendiri, Kikker Interactive. Perusahaan ini menyediakan layan solusi nirkabel dan diakuisisi Microsoft pada 2008. Ia pun membuat perusahaan realitas maya (virtual reality), Betawave, sebelum bergabung dengan Gojek.

No comments:

Post a Comment